Language:
Hotline

Search

ICMI Banten Sukses Gelar Ramadan Leadership Camp

  • Share this:
post-title

Sebanyak 411 pemuda pemudi di Banten mengikuti Ramadan Leadership Camp yang dihelat Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Orwil Banten. Kegiatan yang diselenggarakan di Aula Kantor Inspektorat Provinsi Banten ini diharapkan mampu membekali para generasi muda di Banten agar dapat menyongsong tantangan di masa depan.

Ketua ICMI Orwil Banten mengatakan, Rizqullah Thohuri mengatakan, saat ini banyak persoalan di republik ini, baik itu demokrasi, ekonomi, politik, dan sosial. “Dan generasi muda lah yang bisa mengatasinya ke depan. Sedangkan generasi kolonial hanya bisa menonton, mengayomi, dan membimbing,” ujar Rizqullah, Kamis, 13 April 2023.

Ia mengatakan, ICMI Orwil Banten ini dengan suasana Ramadan bisa menguatkan iptek dan imtaq generasi muda melalui kegiatan ini. Sehingga, mereka bisa memiliki bekal yang cukup untuk membekali dan memperdalam diri agar bisa menghadapi tantangan yang semakin berat di masa depan.

Rizqullah menerangkan, kegiatan ini diinisiasi ICMI pusat. Saat ICMI Orwil Banten mempelajari, ternyata kegiatan ini sangat penting bagi generasi muda untuk bisa mempersiapkan tantangan di masa depan. “Karena nanti mereka nanti menjadi pimpinan di masa depan baik pusat maupun daerah,” ujarnya.

Kata dia, seperti kita ketahui, persoalan yang ada di Republik Indonesia ini. “Korupsi yang terus merosot indeksnya dibandingkan dengan negara lain. Demokrasi yang dikangkangi oleh segelintir orang, sehingga kepentingan rakyat yang kebanyakan notabenenya adalah kepentingan umat Islam menjadi terabaikan,” terangnya.

Sementara itu, Plh Sekda Banten Virgojanti berharap kegiatan Ramadan Leadership Camp yang digagas ICMI berkolaborasi dengan Inspektorat Provinsi Banten ini dapat menjadikan generasi muda memiliki integritas sebagai calon pemimpin. “Saya sangat apresiasi sekali. Mudah-mudahan nanti bisa memberikan satu pemahaman yang sama bagaimana upaya memerangi korupsi dan mencegah korupsi,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Virgo, kegiatan ini juga dapat membuat generasi muda mengetahui tindakan yang harus tidak dilakukan agar korupsi tidak terjadi. “Masyarakat Indonesia unggul tidak lepas dari peran serta generasi muda saat ini,” tuturnya.

Kata dia, apabila generasi muda tidak dibekali dengan iptek dan imtaq, maka tidak bisa tercapai Indonesia unggul di tahun mendatang. Kegiatan yang dilakukan ICMI ini merupakan langkah strategis dan bisa diikuti organisasi lainnya dalam rangka mempersiapkan generasi muda yang akan datang.

sumber: https://www.radarbanten.co.id/icmi-banten-gelar-ramadan-leadership-camp/

Web Admin

Web Admin