Language:
Hotline

Search

Kabid Pemuda ICMI Banten, Idho Meilano, Ajak Masyarakat Mempersiapkan Diri Menghadapi Dampak La Nina

  • Share this:
post-title

CILEGON, (icmibanten.or.id) - Dalam waktu dekat, Menurut BMKG fenomena suhu lautan pasifik El Nino kemungkinan akan digantikan dengan fase La Nina. Tanda-tanda La Nina disebutkan sudah mulai terlihat. La Nina membuat Indonesia mengalami hujan lebih sering, risiko banjir, suhu udara lebih rendah di siang hari dan banyak badai tropis.

Ketua Bidang Pemuda dan Olahraga ICMI Orwil Banten memandang kejadian alam ini harus segera diantisipasi. Idho Meilano meminta para kepala daerah, camat dan lurah harus mampu mengerahkan masyarakat untuk bersih-bersih sungai atau saluran air. Sehingga, saat ada kenaikan intensitas hujan, aliran air lancar dalam rangka mengantisipasi bencana alam yang sering terjadi Provinsi Banten pada musim hujan. Menurutnya, kunci dalam mengantisipasi bencana alam, yakni gotong royong.

“Masyarakat dan pemuda harus bekerjasama untuk membersihkan sampah di sungai dan aliran air secara swadaya dengan membersihkan sungai/ selokan di titik yang tertutup. Kegiatan ini bisa dilaksanakan secara rutin sehingga aliran sungai lancar, tak tersumbat sampah,” Jelas Idho yang pernah Menyabet Gelar Juara 1 Mahasiswa Berprestasi Tingkat Universitas di Untirta ini.

Selain itu, Kabid Pemuda dan Olahraga Orwil Banten juga meminta Dinas Sosial Bidang Kebencanaan mulai merencanakan persiapan pos gabungan, logistik, kesehatan, dan dapur umum. Untuk penyediaan logistik, bisa berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). “Jangan sampai nanti saat ada bencana alam logistik belum tersedia,” pesannya.

Selain itu, Idho juga menyoroti daerah yang rawan longsor, serta meminta dinas terkait mengidentifikasi tanggul mana saja yang rusak. Sehingga, dapat langsung diperbaiki, sehingga potensi tanggul jebol bisa dihindari.

“Mohon untuk dinas terkait mengecek tanggul mana saja yang bocor dan rusak, sehingga bisa langsung diperbaiki. Selain itu perlu menyiapkan pompa sehingga apabila terjadi banjir langsung bisa disedot,” ungkap Pemuda yang Pernah mengikuti Pelatihan Kepemimpinan tingkat Internasional di Filipina ini.

Idho Meilano yang juga Ketua DPD KNPI Kota Cilegon ini juga meminta agar semua pihak bergotong royong sehingga dapat maksimal mengantisipasi bencana. Pihaknya pun meminta pemuda dan masyarakat fokus pada permasalahan sampah yang ada di sungai.

“Hal yang penting, pak camat, pak lurah sampai Ketua RT perlu mengerahkan masyarakat supaya bersih-bersih sungai dan tidak membuang sampah di sungai. Insya Allah Banten bebas banjir, Kami pemuda juga siap turun tangan ikut membantu bersama masyarakat dalam mempersiapkan diri menghadapi musim hujan yang tinggi agar terhindar dari bencana banjir.” Tutup Idho.

Web Admin

Web Admin