Language:
Hotline

Search

Kegiatan TARUBHARA: Pramuka Untirta Kolaborasi dengan Motor Motivator Ajak Anak-anak Bermain sambil Belajar

  • Share this:
post-title

Pramuka Untirta berkolaborasi dengan Motor Motivator (MOTTOR) melakukan kegiatan sosialisasi penanganan Stunting dan perilaku hidup bersih dan sehat serta peningkatan minat baca masyarakat melalui kegiatan Ngampar Literasi yang digelar di lapangan Keraton Kaibon Banten Lama pada Jum’at (28/07/23).

Ngampar Literasi merupakan kegiatan membuka lapak baca gratis bagi masyarakat setempat umumnya para pengunjung situs keraton kaibon. Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari program pengabdian yang dilaksanakan oleh Pramuka Untirta yaitu TARUBHARA pada tanggal 27 sampai dengan 31 Juli 2023 mendatang.

Kegiatan ngampar literasi didukung baik oleh masyarakat setempat dan anak-anak yang berada di lingkungan sekitar juga sangat antusias meramaikan kegiatan ini. Rencananya kegiatan ngampar literasi akan dilaksanakan rutin setiap sore hari di lapangan keraton kaibon selama kegiatan pengabdian berlangsung.

Ketua Dewan Racana Siti Nurasiah mengungkapkan bahwa kegiatan ngampar literasi ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh pramuka untirta selama pengabdian untuk menumbuhkan minat baca dan semangat belajar bagi masyarakat khususnya anak-anak usia sekolah.

“Senang sekali rasanya kegiatan ngampar literasi ini bisa dilaksanakan, anak-anak dan warga masyarakat juga terlihat antusias mendukung dan meramaikan kegiatan ini, semoga kegiatan ini bisa terus berlanjut dan dapat terus menumbuhkan semangat anak-anak agar melek literasi sejak dini”. Ungkap Siti

Ketua pelaksana Salsabila Ryanto juga turut menyampaikan bahwa kegiatan ngampar literasi ini merupakan salah satu fokus yang di angkat pada tema pengabdian tahun ini yaitu Pendidikan.

“Saya sangat berterima kasih kepada seluruh panitia yang bertugas, senang sekali rasanya melihat antusias masyarakat dan anak-anak dengan adanya kegiatan yang kita lakukan saat ini, memang pada tahun ini kita memfokuskan kegiatan pengabdian salah satunya adalah bidang pendidikan. Dan semoga kegiatan ini bisa memberikan dampak yang positif bagi pengembangan minat literasi di masyarakat sini”. Tutur Sabil.

Sementara itu, Indra Martha Rusmana yang didapuk mengisi acara menyampaikan dan menyambut baik kegiatan TARUBHARA Pramuka Untirta ini. “Pramuka memang sudah seharusnya diisi dengan kegiatan yang riang gembira, belajar di luar ruang, hubungan kakak dan adik, serta sesuai dengan prinsip dasar dan metode pendidikan kepramukaan. Jangan sampai Pramuka hanya diisi dengan kegiatan di dalam kelas, materi yang monoton dan mereka lupa tentang tepuk, nyanyian, dan juga kegembiraan dan asyiknya kepramukaan.” tutup Indra.

 

#imr

Web Admin

Web Admin