Language:
Hotline

Search

SDN Sentul Jaya 02 Balaraja Gelar IHT Bersama Guru KECE

  • Share this:
post-title

 

Bertempat di aula sekolah, guru dan tenaga kependidikan SDN Sentul Jaya 02 Balaraja menggelar kegiatan In House Training (IHT). IHT yang diselenggarakan pada Sabtu, 24 Juni 2023 ini mengangkat tema "Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Literasi Numerasi” ini diikuti oleh seluruh guru dengan begitu antusias.

 

Cecep Setiawan, Kepala SDN Sentul Jaya 02 Balaraja menyampaikan pada sambutannya, bahwa berdasarkan hasil raport sekolah, hal yang harus ditingkatkan adalah literasi Numerasi dalam hal ini dikhususkan materi Bilangan. Kami ingin sekolah ini menjadikan literasi Numerasi sebagai ciri khasnya, sehingga dengan IHT ini kami sebagai bagian dari SDN Sentul Jaya 02 Balaraja berharap ada hal yang dapat membantu mewujudkan harapan ini. Apalagi kami lihat bahwa literasi Numerasi menjadi salah satu materi dalam AN (Assessment Nasional). Semoga harapan ini dapat terwujud bersama para guru yang memiliki tujuan yang sama dalam meningkatkan kemampuan siswa. Tutup Cecep.

 

IHT kali ini, SDN Sentul Jaya 02 Balaraja mengundang Indra Martha Rusmana, akademisi Universitas Indraprasta PGRI dan juga Ketua Komunitas Guru KECE untuk membawakan materi mengenai literasi Numerasi menyampaikan bahwa literasi adalah hal utama dalam proses pendidikan. Jika literasi ini menjadi nafas pendidikan, maka ke depan akan lahir generasi yang cerdas dan juga berkarakter. Ada beberapa jenis literasi, yaitu literasi baca tulis, literasi sains, literasi finansial, literasi sosial budaya, literasi digital, dan literasi Numerasi. Indra juga menyampaikan bahwa saat ini literasi Numerasi menjadi hal yang terus dikembangkan, harapannya adalah literasi Numerasi dapat meningkatkan kemampuan seseorang dalam menyelesaikan masalah yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

 

Saat sesi diskusi, terdapat beberapa hal yang memang menjadi permasalahan umum dalam dunia pendidikan saat ini, diantaranya adalah kemampuan siswa dalam hal yang Numerasi yang masih rendah dan masih adanya pemikiran bahwa matematika itu sulit. La masalah lainnya adalah peran serta orangtua yang masih rendah dalam membantu siswa belajar di rumah, seolah siswa belajar hanya dengan guru di sekolah, sehingga hal ini menjadikan guru harus ekstra dalam mendidik siswa.

 

Dwi Rahmiyati, guru SDN Sentul Jaya 02 Balaraja menyampaikan bahwa materi yang disampaikan dapat mendorong/ memotivasi untuk lebih semangat lagi dalam melaksanakan pembelajaran, “sungguh luar biasa keren materi hari ini, menginspirasi dan memotivasi” tutup Dwi.

 

#imr

Web Admin

Web Admin