
(icmibanten.or.id) Cilegon, 1 Agustus 2025 – Hari ini menjadi momentum penting bagi pemberdayaan pelaku usaha mikro di Banten, khususnya Kota Cilegon. Bertempat di Cilegon, telah dilaksanakan pertemuan resmi dan penandatanganan nota kesepahaman antara GAIDO TRAVEL, PT. Raja Dendeng Indonesia, dan beberapa perwakilan UMKM Cilegon dalam rangka kerja sama strategis dalam bidang pemasaran produk lokal baik di dalam negeri maupun luar negeri.
Pertemuan ini dihadiri langsung oleh M. Hasan Gaido, pendiri sekaligus perwakilan dari GAIDO TRAVEL Group, serta Deni Irawan, Direktur PT. Raja Dendeng Indonesia. Adapun dari kalangan UMKM, hadir para pelaku usaha yang diwakili oleh Novi Sekarhati, M. Daffa Pratama, Indah Kartika Sari, dan Djum’ati Solechah.
Melalui kerja sama ini, produk-produk unggulan dari UMKM Cilegon — mulai dari makanan olahan, kerajinan, hingga produk herbal dan kecantikan — akan didistribusikan dan dipasarkan melalui jaringan luas milik GAIDO Group. Tidak hanya secara domestik, pemasaran juga akan menargetkan pasar internasional melalui platform dan channel yang dimiliki oleh grup holding berbasis ekonomi syariah tersebut.
Dalam sambutannya, M. Hasan Gaido menyampaikan bahwa kerja sama ini merupakan bagian dari visi besar GAIDO Group untuk menjadikan Indonesia sebagai sentral ekonomi syariah dunia pada tahun 2045.
"Kami tidak hanya mendukung pemasaran produk UMKM ke pasar global, tetapi juga membuka peluang kolaborasi dengan UMKM lokal sebagai mitra resmi GAIDO TRAVEL. Mereka bisa ikut serta memasarkan produk-produk layanan kami seperti paket umrah, haji, hingga layanan sektor unggulan lainnya dari Gaido Group," ujar Hasan Gaido.
Hal senada disampaikan oleh Deni Irawan, yang menyatakan bahwa kolaborasi ini menjadi langkah konkret dalam memajukan produk lokal Cilegon ke panggung yang lebih luas.
"Ini adalah langkah awal yang strategis agar pelaku UMKM tidak hanya berjualan secara lokal, tapi juga memiliki akses ke jaringan pemasaran nasional dan global. Kami siap mendampingi dan mengembangkan kapasitas UMKM untuk go international," tuturnya.
Kemitraan GAIDO TRAVEL dan UMKM Cilegon: Sinergi Produk & Peluang
Selain menjual produk-produk UMKM Cilegon, GAIDO TRAVEL juga memperluas kesempatan kerja sama dengan menjadikan para pelaku UMKM sebagai mitra penjualan resmi produk GAIDO Group, seperti:
Paket Umrah dan Haji Plus
Layanan Digital Hospital (vaksinasi, manasik, dll.)
Produk Santri Mart & oleh-oleh halal
Layanan Gaido Logistics dan Keuangan Syariah
Produk Makanan Halal dari Banten Restaurant
Produk Media & Edukasi dari HajiUmrahNews dan TVMMI
Dengan model kemitraan ini, para pelaku UMKM dapat meningkatkan pendapatan dari dua sisi: penjualan produk sendiri serta produk dan layanan dari GAIDO Group.
Kolaborasi lintas sektor ini diharapkan menjadi model sinergi ekonomi syariah yang mendorong pemberdayaan pelaku usaha kecil sekaligus memperluas akses ke pasar global, sejalan dengan semangat ekonomi kerakyatan dan prinsip halal value chain yang menjadi landasan GAIDO Group.